shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Selasa, 22 Februari 2011

Penyakit Hati, Cinta Dunia dan Takut Mati

Salah satu penyakit hati yang sering menghinggapi manusia adalah terlalu cinta dunia dan takut akan mati.

Akibat yang ditimbulkan dari penyakit ini diantaranya, orang akan cenderung rakus dan menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan dunia. Hidupya dicurahkan untuk mereguk dunia sepuas-puasnya. Dia akan selalu berusaha mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Dia akan sangat perhitungan untuk bersedekah. Akhirnya dia akan menjadi pelit alias kikir. Seolah dia merasa akan hidup selamanya di dunia ini. Pada akhirnya dia akan sangat takut dengan datangnya kematian. Dia takut hartanya untuk siapa sepeninggalnya. Padahal kematian pasti datang pada setiap makhluk yang bernyawa.

Lalu apa kita orang Muslim tidak boleh mengumpulkan harta yang banyak?

Tentu saja kita orang Muslim boleh mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Bahkan sangat dianjurkan oleh Rasulullah agar kita menjadi orang yang kaya raya, karena kefakiran (kemiskinan) itu dapat menyebabkan orang menjadi kufur. Akan tetapi di dalam konsep orang Muslim, dalam hal mengumpulkan harta tidak lalu lupa mengumpulkan juga bekal untuk akhirat. Harta yang diperolehnya dibelanjakan di jalan Allah SWT. Harta yang diperolehnya banyak disedekahkan kepada kaum fakir miskin, kegiatan dakwah, sosial dan kegiatan ibadah lainnya.

Orang Muslim sadar bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan harta sekedar pelengkap atau sarana untuk beribadah kepada Allah SWT. Karena dunia ini diciptakan untuk manusia, dan manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Orang Muslim sadar dan yakin bahwa ada kehidupan yang lebih kekal atau abadi setelah hidup yang sementara di dunia ini. Itulah akhirat. Di akhirat kita tidak mengenal batas akhir sampai kapan. Di akhirat itulah kita mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan kita selama hidup di dunia ini.

Saudaraku seiman dan seagama kaum Muslimin, selagi masih ada kesempatan mari kita berusaha mengumpulkan harta yang banyak untuk modal beribadah kepada Allah SWT. Tapi jangan lupa pula mengumpulkan bekal untuk kehidupan di akhirat kelak sebanyak-banyaknya.

Ingat dan mari kita renungkan bersama, bahwa:
1. Hidup di dunia ini hanya sementara saja (ibarat cuma mampir minum).
2. Kematian pasti akan menjemput kita, entah kapan waktunya.
3. Setelah kita mati cuma amal sholeh, ilmu yang bermanfaat yang kita ajarkan dan doa anak kita yang sholeh yang akan kita bawa.
4. Harta yang banyak kita kumpulkan dengan susah payah di dunia ini tidak akan kita bawa mati.
5. Semakin banyak harta, semakin besar tanggung jawab kita dihadapan pengadilan Allah SWT.

Semoga bermanfaat. Wallahu alam.

1 komentar:

  1. Link sudah saya masukkan ke blog saya...mbah. Dengan nama Renungan Jiwa. Moga cepat terkenal...hehehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...