shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Jumat, 04 Februari 2011

Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Banyak ayat Al Qur'an maupun hadist Nabi Muhammad SAW yang memerintahkan kita untuk ber-amar ma'ruf nahi munkar. Yaitu perintah untuk menyeru (dakwah) kepada kebajikan dan meninggalkan perbuatan munkar.

Apabila kita mengkaji semua ayat Al Qur'an dan hadist tersebut, berartilah bahwa setiap kita umat muslim memiliki kewajiban untuk berdakwah.Ya, dakwah mesti harus kita sampaikan meski kemampuan kita cuma hafal 1 ayat.

Dengan berdakwah, pada hakikatnya kita mendakwahi diri kita sendiri.Seperti halnya saya menulis di blog ini, pada hakikatnya bukan saya mendakwahi para ustadz atau ulama yang ilmunya sudah sangat tinggi. Saya sadar kemampuan dan pengetahuan saya masih sangat-sangat terbatas. Akan tetapi dengan niatan untuk belajar, saya menulis di blog ini yang intinya saya mendakwahi diri saya sendiri.

Kegiatan dakwah ini harus kita budayakan mulai dari diri kita sendiri, lalu ke dalam keluarga kita dan lingkungan kita. Kita dakwah tidak harus berpidato di atas podium, tetapi bisa saja kita lakukan dengan membiasakan diri berbicara masalah agama di setiap kesempatan dengan keluarga kita maupun teman-teman kita. Di rumah, di kantor, di sekolah atau di warung-warung pun bisa kita berdakwah. Yaitu berbicara hal-hal yang bermanfaat untuk kebajikan umat agar selamat di dunia dan akhirat. Itulah dakwah. Simple tapi mengapa dibuat sulit?

Pentingnya ber-amar ma'ruf nahi munkar atau dakwah ini sudah sangat mendesak bila kita mencermati kondisi masyarakat sekeliling kita saat ini. Seolah tugas dakwah hanya tugas para ulama atau ustadz saja. Sehingga banyak kemungkaran kita lihat di masyarakat semakin merajalela. Barang kali timbulnya kenakalan remaja atau pun juga kenakalan orang tua karena kurangnya kita peduli akan kegiatan dakwah ini. Mari kita belajar peduli, menyampaikan hal-hal yang ma'ruf dan sedapat mungkin mencegah yang munkar. Atau setidaknya kita merasa tidak senang apabila kita melihat perbuatan munkar.

Semoga bermanfaat dan menggugah kesadaran kita bersama akan pentingnya tugas dakwah. Amin







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...