shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Sabtu, 12 Februari 2011

Mari Shalat Berjamaah

Shalat adalah perintah Allah SWT dan shalat berjamaah adalah sunah Rasulullah SAW.

Shalat berjamaah di masjid bagi kaum pria adalah hal yang sangat disunahkan. Bahkan ada sebuah hadist yang agak keras mengatakan bahwa "tidak dianggap shalat bagi seorang muslim yang dekat dengan masjid, kecuali shalat berjamaah di masjid".

Keutamaan shalat berjamaah di masjid tentu saja kita semua sudah mengetahuinya, diantaranya adalah:

1. Orang yang shalat berjamaah di masjid akan mendapat pahala 27 kali lipat dari pada shalat sendirian di rumah. Ada yang berpendapat bahwa pahala 27 derajad ini untuk shalat yang bacaan imamnya dikeraskan seperti shalat Magrib, Isya dan Subuh. Sedangkan shalat Dzuhur dan Asar pahalanya 25 derajad.

2. Orang yang akan shalat berjamaah di masjid dan dalam keaadan sudah berwudlu dari rumah, setiap langkah kaki kanannya akan menaikkan derajadnya dan setiap langkah kaki kiri akan mengurangi dosanya.

3. Doa pada saat menunggu datangnya iqomat untuk shalat berjamaah di masjid, merupakan saat yang sangat mustajab dan doa akan terjawab oleh Allah SWT.

4. Orang yang shalat berjamaah di masjid lima waktu sehari semalam (shalat wajib) selama 40 hari berturut-turut dengan tidak tertinggal takbiratul ula (permulaan) bersama imam akan terhindar dari sifat munafik dan diampuni dosa-dosanya.

Itulah beberapa keutamaan shalat berjamaah di masjid (khususnya shalat wajib 5 waktu) yang sangat ditekankan bagi kaum pria. Sedangkan kaum wanita cukup shalat di rumah menjadi imam bagi anak wanitanya. Dia akan mendapat pahala 28 derajad, yaitu 27 derajad karena mengijinkan suaminya shalat berjamaah di masjid dan 1 derajad dari shalatnya sendiri.

Sedangkan shalat sunah sebaiknya dilakukan di rumah saja. Hal ini agar rumah kita tidak seperti kuburan yang tidak pernah dipakai untuk shalat.

Semoga tulisan pendek ini bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...