shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Jumat, 18 Februari 2011

Manajemen Makan

Masalah makan sehari-hari, Rasulullah SAW pernah bersabda yang kurang lebih begini bunyinya "Makanlah setelah lapar, dan berhentilah makan sebelum kenyang".

Barangkali sudah jelas bagi kita makna kalimat pesan Rasulullah SAW tersebut. Akan tetapi bagaimana pelaksanaannya dalam kehidupan kita sehari-hari? Sudahkah kita melaksanakannya? Terus terang saya sendiri juga belum bisa sepenuhnya melaksanakan.

Hikmah yang sekiranya dapat kita petik dari pesan Rasulullah SAW tersebut di antaranya kita akan sehat dengan pola makan yang benar. Kita makan secukupnya saja. Tidak kekurangan makan, dan juga tidak berlebihan. Dengan demikian akan lebih terasa nikmat makanan yang kita santap. Saya jadi teringat ada pepatah yang mengatakan bahwa lauk paling enak untuk makan adalah LAPAR. Betul?
Seenak apapun makanan yang kita hadapi, bila perut sudah kenyang; maka makanan yang enak itu pun jadi tidak enak.

Banyak kita saksikan di masyarakat sekitar kita saat ini, betapa banyak penyakit yang timbul. Ada kolesterol, ada asam urat, ada darah tinggi, ada diabetes dan masih banyak lagi. Semua penyakit itu tidak pandang bulu. Yang tua atau yang muda, semua bisa terkena penyakit itu. Masya Allah.

Kalau kita mau jujur, barangkali sumber penyakit-penyakit itu berasal dari makanan yang kita makan. Maunya makan yang serba enak, maunya makan yang serba praktis / instan. Sudah kenyang, paksa terus untuk makan. Yang penting terasa enak dan lidah masih mau menerimanya. Ditambah lagi kurang senang berolah raga. Wah, pasti banyak tuh penyakit yang ingin bersarang di tubuh kita. Na'udzubillah min zalik.

Mari kita berusaha melaksanakan pesan Rasulullah SAW tersebut di atas agar badan kita sehat, kemudian kita pergunakan untuk beribadah kepada Allah SWT semaksimal mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...