shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Selasa, 01 Februari 2011

Rendah Hati

Tak pantas kiranya manusia untuk sombong. Tapi kenapa kebanyakan kita manusia sombong dengan sesuatu yang dianugerahkan Allah kepada kita. Kita lupa bahwa sesungguhnya kita tak berdaya. Kita lupa bahwa sesungguhnya kita bukan apa-apa. Kita hanyalah makhluk Allah SWT yang sangat lemah.

Atas kelemahan dan ketakberdayaan manusia itulah Allah SWT menganugerahkan kepada manusia akal dan pikiran. Sehingga terciptalah makhluk yang paling sempurna di dunia ini. Akan tetapi kesempurnaan ciptaan Allah atas diri kita, akan menjadi sebaliknya menjadi makhluk paling hina di dunia ini manakala kita memiliki rasa sombong dan tidak mau berbakti kepada Allah SWT.

Itulah pentingnya kita belajar untuk menjadi orang yang rendah hati. Rendah hati berarti tidak sombong. Jangan salah arti rendah hati identik dengan rendah diri. Orang yang rendah hati akan mudah menerima hidayah atau petunjuk dari Allah SWT. Orang yang rendah hati akan selalu terbuka terhadap sesuatu kebenaran. Dengan demikian akan semakin tercerahkan mata hati dan kehidupan lahiriahnya. Hal ini selalu nampak adanya optimisme dalam kehidupannya yang selalu bersandar kepada Allah SWT. Selalu penuh pengharapan akan karunia dan rahmat Allah. Selalu optimis bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara saja.

Sebaliknya orang yang sombong hatinya akan tertutup dari hidayah Allah SWT. Hatinya selalu menolak sesuatu kebenaran yang disampaikan kepadanya. Akibatnya, hidupnya terkungkung oleh kesombongannya. Mudah putus asa. Mudah frustrasi. Takut mati dan menyangka hidup hanya di dunia ini saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...