shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Rabu, 19 Juni 2013

Coretan Perjalanan Jedah - Madinah

Suasana Kota di Madinah
Perjalanan Mumbai – Jedah kami tempuh dalam waktu kurang lebih 3,5 jam. Tepat pukul 20.00 waktu Jedah atau pukul 24.00 wib, pesawat Jetair yang kami tumpangi mendarat di bandara Jedah. Seperti biasa kami langsung menuju tempat pemeriksaan imigrasi di Jedah. Pemeriksaan berjalan lancar dan tidak berbelit-belit karena kami rombongan Umroh. Saya perhatikan memang rombongan Umroh dan non Umroh tempat pemeriksaannya terpisah.

Setelah pemeriksaan oleh pihak imigrasi Jedah selesai, kami menunggu sebentar barang-barang bagasi kami untuk dicek di scanner. Proses ini pun berjalan lancar dan singkat sekali. Kemudian kami menuju ke bis yang telah menunggu untuk membawa kami ke Madinah.

Cukup lama waktu yang harus kami habiskan untuk menunggu keberangkatan bis menuju ke Madinah. Entah apa yang ditunggu oleh bis tersebut saya tidak tahu, tapi perkiraan saya hampir 2 jam kami menunggu bis hingga berangkat.

Kira-kira tepat pukul 22.30 waktu Jedah, bis yang kami tumpangi bergerak berangkat menuju Madinah. Sesaat berjalan kira-kira 15 – 20 menit bis berhenti di sebuah Masjid untuk istirahat, sholat Magrib dan Isya’ (jamak ta’kir) serta makan malam. Setelah semuanya selesai yang kira-kira memakan waktu 1 jam, kami naik bis lalu berangkat menuju Madinah.

Perjalanan menggunakan bis malam, di sepanjang jalan kami lihat keluar suasananya gelap. Hanya sesekali terlihat tempat pemukiman penduduk dengan lampu penerangan yang sangat terang, karena di setiap tiang di sepanjang pagar pemukiman tersebut dipasang lampu neon kira-kira ukuran 20 watt. Bis yang kami tumpangi melaju dengan kecepatan sedang dan terasa nyaman karena jalannya memang benar-benar mulus tanpa lobang. Lagi pula jalurnya hanya satu arah. Sehingga perjalanan ini terasa bagaikan melintasi jalan tol saja. Karena suasana malam, jadi dalam bis tersebut lebih banyak kami pergunakan untuk tidur.

Setelah bis berjalan kira-kira 5 jam atau saat itu waktu menujukkan pukul 5.00 waktu Madinah, Mutawif kami memberitahukan bahwa sebentar lagi kita akan masuk kota Madinah dan isnya Allah kita akan bisa sholat Subuh berjamaah di Masjid Nabawi. Tetapi ternyata sampai di Madinah waktu telah menunjukkan pukul 5.30. Berarti waktu sholat Subuh di Masjid Nabawi sudah dimulai. Wah, rugi rasanya tidak jadi bisa sholat Subuh di Masjid Nabawi. Ya sudah akhirnya kami masing-masing sholat di dalam kamar hotel kami di Madinah. Oh ya kami menginap di hotel Al Mukhtara International yang kira-kira jaraknya 400 – 500 meter saja dari Masjid Nabawi.