shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Kamis, 04 Juli 2013

Hari Kedua Di Kota Mekah

Minggu, 17 Maret 2013 merupakan hari kedua kami di kota Mekah. Kegiatan hari ini diisi dengan berziarah ke beberapa tempat bersejarah di sekitar kota Mekah. Adapun beberapa tempat yang kami ziarahi adalah:

Jabal Tsur
1. Jabal / bukit Tsur. Jabal Tsur merupakan tempat bersejarah karena di bukit tersebut terdapat gua yang pernah dijadikan tempat persembunyian Rasulullah SAW tatkala hendak Hijrah ke Madinah karena beliau dikejar oleh kaum kafir Qurais.

Kami memang tidak bisa naik ke atas bukit karena bukitnya cukup tinggi dan jauh. Sehingga kami cukup sampai di kaki bukit saja. Kami lihat di kaki bukit saat ini sedang diratakan dengan boldozer mungkin rupanya hendak di dirikan bangunan.

2. Jabal / bukit Rahmah. Menurut sebuah kisah bahwa di jabal Rahmah inilah merupakan pertemuan antara Nabi Adam AS dengan Hawa setelah terpisah sangat lama. Di atas bukit yang tidak terlalu tinggi ini
terdapat semacam tugu. Banyak orang menuliskan nama-nama sanak famili atau kerabat maupun sahabatnya di jabal Rahmah ini dengan harapan nama-nama yang ditulis tersebut kelak di suatu hari juga akan mendapat panggilan Allah untuk datang menunaikan Umroh atau Haji di Mekah.
Jabal Rahmah

3. Padang Arafah. Padang Arafah terletak di seberang jabal Rahmah. Padang Arafah ini merupakan tempat yang wajib disinggahi oleh para jamaah Haji. Karena wukuf di padang Arafah merupakan salah satu rukun Haji. Bagi jamaah umroh tidak ada rukun untuk wukuf di padang Arafah. Sehingga di luar musim haji suasananya cukup lengang. Akan tetapi pada saat musim Haji, padang Arafah menjadi lautan manusia karena semua jamaah haji dari seluruh dunia pada hari itu kumpul di satu tempat. Sehingga saat ini untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas yang menuju ke padang Arafah dari Mekah atau sebaliknya, pemerintah Saudi Arabia telah membangun jalur kereta api monorel melintas di atas jalan raya.

Kami lihat di padang Arafah ini terdapat banyak tanaman namanya pohon Soeharto. Konon tanaman tersebut merupakan sumbangan pemerintah Indonesia pada saat pemerintahan Presiden Soeharto.

4. Setelah singgah di jabal Rahmah dan padang Arafah, kami melanjutkan perjalanan melewati Mina dan tempat lempar jumroh bagi jamaah haji. Akan tetapi kami tidak berhenti di Mina dan tempat pelemparan jumroh. Kami cukup menyaksikan dari dalam bis saja. Karena menurut penjelasan dari Mutawib kami, kita tidak bisa masuk ke tempat pelemparan jumroh karena lokasinya ditutup untuk umum pada saat di luar musim haji.

5. Ji’ronah, adalah tempat di luar tanah Haram. Di Ji’ronah inilah tempat miqot bagi penduduk Mekah yang hendak melaksanakan ibadah Umroh maupun Haji. Bagi rekan-rekan kami yang siap untuk melaksanakan Umroh kedua atau untuk meng-umrohkan orang tua atau sanak familinya, maka akan memakai kain ihram di masjid Ji’ronah ini kemudian niat untuk menunaikan Umrohnya. Berarti bagi yang berniat untuk menunaikan umroh kedua, mulai dari Ji’ronah inilah berlaku rukun umroh, kewajiban dan larangan-larangannya.


Nah itulah sekelumit kegiatan kami di hari kedua di Mekah. Kemudian kami kembali ke hotel tempat penginapan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...