shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Kamis, 11 Juli 2013

Catatan Pulang Ke Tanah Air

Ruang Tunggu Bandara Jedah
Selasa, 19 Maret 2013 sekitar pukul 23.00 waktuJedah, kami serombongan dengan menggunakan pesawat Jetair, pulang kembali ke tanah air. Rute perjalanan yang kami lalui sama seperti pada saat keberangkatan dari tanah air ke Jedah.

Perjalanan dari Jedah ke Mumbai memakan waktu kurang lebih 4 jam. Sehingga kami tiba di Mumbai saat
itu sudah menunjukkan pukul 05.30 waktu Mumbai atau pukul 07.00 Wib. Saya melaksanakan sholat Subuh di dalam pesawat dengan cara bertayamum. Anehnya, tatkala saya bertanya ke salah satu ustadz dalam rombongan kami mengenai tayamum di dalam pesawat katanya tidak sah. Alasannya di dalam pesawat tidak ada debu atau tanah. Kalau hanya sekedar menghormati waktu sholat katanya tidak apa-apa. Lalu apa kita harus meninggalkan sholat? Wah, bagi saya lebih baik kita tayamum dengan kondisi seadanya, dari pada meninggalkan sholat. Wallahu a’lam.

Begitu pesawat mendarat di Mumbai, segera kami transit pesawat tujuan Bangkok. Seperti biasa kami menjalani proses pemeriksaan barang bawaan dan juga pasport. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Segera kami naik bus airport menuju ke pesawat yang akan membawa kami ke Bangkok. Sekitar pukul 07.00 waktu Mumbai, pesawat Jetair yang kami tumpangi berangkat menuju Bangkok. Lama penerbangan kurang lebih 4 jam.

Kira-kira pukul 12.30 waktu Bangkok atau sama dengan waktu Indonesia barat, pesawat yang kami tumpangi mendarat di bandara Bangkok. Seperti biasa kami pun menjalani proses pemeriksaan barang bawaan dan passport.
Kelihatannya di Bangkok peraturannya lebih ketat, karena beberapa teman yang membawa air Zam-zam di dalam botol dan dimasukkan dalam tas pakaian harus membuang air dalam botol tersebut. Sungguh sayang sudah capai-capai membawa dari Mekah, sesampainya di Bangkok kena razia lalu dibuang begitu saja. Nah, jadi bagi saudara-saudaraku yang pulang umroh kalau melalui Bangkok, lebih baik jangan sekali-kali membawa air Zam-zam di dalam botol atau dalam kemasan apa saja. Karena pasti akan kena razia pada saat pemeriksaan di x-ray.

Setelah proses pemeriksaan barang bawaan dan passport selesai, segera kami menunaikan sholat Dzuhur yang kami jamak sekalian sholat Asar. Setelah itu kami menunggu proses check in ke agen Garuda Indonesia di Bangkok. Agak lama kami menunggu di bandara karena pesawat Garuda yang akan membawa kami ke Jakarta dari Bangkok baru akan berangkat pukul 17.00 waktu Bangkok.
Ruang Tunggu Bandara Bangkok

Tepat pukul 17.00 waktu Bangkok kami berangkat menuju Jakarta. Lama penerbangan BangkokJakarta kurang lebih 3 jam. Sehingga kami tiba di bandara Soekarno – Hatta tepat pukul 20.00 wib. Karena di dalam pesawat BangkokJakarta ada waktu sholat Magrib, lagi-lagi saya tayamum di dalam pesawat lalu menunaikan sholat Magrib di dalam pesawat.

Waktu menunjukkan pukul 20.00 wib kami mendarat di bandara Soekarno – Hatta. Suasana di bandara baru saja diguyur hujan. Malam itu kami bermalam di penginapan sekitar bandara. Segera kami makan malam dan menunaikan sholat Isya’. Alhamdulillah kami semua sudah berada di negeri sendiri. Segera kami beristirahat tidur untuk melanjutkan perjalanan pulang ke kampung kami esok hari.