shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat lazada

Rabu, 11 April 2012

Aktivitas Di Malam Hari

Sesungguhnya terdapat 3 kelompok orang dalam menjalani aktivitas malamnya. Aktivitas malam di sini saya ambil mulai setelah sholat Isya' sampai datangnya waktu Subuh. Adapun 3 kelompok tersebut adalah:

1. Orang yang beruntung.
Bagi kelompok ini, aktivitasnya setelah sholat Isya' banyak dilakukan dengan bermujahadah kepada Allah SWT. Malam itu ia isi dengan berbagai ibadah dengan khusyuk kepada Allah SWT. Ia beribadah hanya semata mengharap ridho dan ampunan dari Allah SWT. Suasana hening di malam hari ia pergunakan semaksimal mungkin untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ia mengadu kepada Allah SWT, ia
berkeluh kesah hanya kepada Allah SWT, ia memanjatkan pujian syukur atas nikmat yang diterimanya hanya kepada Allah SWT. Jadi bagi kelompok ini, malam hari merupakan waktu paling berharga untuk mengeruk khasanah pendekatan diri kepada Allah SWT.

2. Orang yang rugi dunia akhirat.
Bagi kelompok ini, aktivitasnya setelah sholat Isya' ia habiskan untuk berhura-hura atau berfoya-foya. Sepanjang malam ia pergunakan untuk melakukan aktivitas maksiat kepada Allah SWT. Ia hamburkan hartanya malam itu untuk bermaksiat kepada Allah SWT. Sungguh suatu malam yang dapat mendatangkan bencana bagi kehidupannya di dunia saat ini, dan bencana bagi kehidupannya di akhirat kelak. Di dunia dia sudah mendapatkan bencana dengan mubazirnya harta benda mereka, berantakannya kehidupan berumah tangganya, tidak terurusnya anak-anaknya dan akhirnya suasana rumah tangga pun bagaikan neraka. Tidak ada yang betah tinggal di rumah, cek-cok selalu mewarnai kehidupan keluarganya dan lain-lain gambaran panasnya neraka yang dia rasakan di dunia ini. Na'udzubillahi minzalik.

3. Orang yang tidak untung dan tidak rugi.
Bagi kelompok ini, aktivitasnya setelah sholat Isya' ia pergunakan untuk segera tidur. Sehingga ia tidak mendapatkan keuntungan dari besarnya pahala atas aktivitas mujahadah kepada Allah SWT. Namun demikian juga tidak rugi karena tidak melakukan maksiat kepada Allah SWT.

Semoga kita diberi kekuatan oleh Allah SWT sehingga kita bisa masuk dalam kelompok pertama, yaitu kelompok yang pandai menggunakan waktu malam hari untuk banyak beribadah kepada Allah SWT. Amin ya Robal 'alamin.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...